Timur Online – Pertama di Luwu Raya

Asisten Umum Kejakgung Raih Doktor ‘’Cumlaude’’ di Unhas

Jumat, 27 Juli 2018 | 2:18 pm
Posted by: Rifal Dj
Dibaca: 286
  • Laporan  : Mda
  • Editor     : Rifal

Foto : Timuronline/Mda

MAKASSAR, Timuronline –  Muhammad Yusuf yang kini menjabat Asisten Umum Kejaksaan Agung RI, Jumat (27/7) meraih gelar doktor dengan yudisium ‘’terpuji’’ (cumlaude) di Fakultas Hukum Unhas.

Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof.Dr.Farda Pattitingi  yang memimpin sidang promosi doktor pria kelahiran Bima 17 Agustus 1964 itu menyebutkan, Dr. Muhammad Yusuf mempertahankan disertasi berjudul “Kebijakan Hukum dalam Penanganan Illegal Fishing (Studi Perbandingan antara Indonesia dan Malaysia)”.

Muhammad Yusuf yang pernah menjabat Asisten Tindak Pidana Umum Kejati Sulsel (2014) tersebut menyelesaikan pendidikan selama tujuh semester dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,95 dan menerbitkan 3 karya jurnal
internasional. Bertindak sebagai promotor ayah enam anak (istri Hj Sitti Jamilah Yusuf) dan kakek satu cucu ini adalah Prof.Dr.Abd.Razak dengan ko-promotor Prof.Dr.Muhadar dan Prof.Dr.H.M.Said Karim merangkap penguji dengan penguji lainnya Prof.Dr.M.Syukri Akib, Prof.Dr.Muhammad Ashri, Dr.Zulkifli Aspan, dan penguji eksternal dari Universitas Udayana Denpasar, Prof.Dr.Ika Setiabudi.

Muhammad Yusuf dalam disertasinya menyimpulkan, efektivitas hukum terhadap kejahatan “illegal fishing” belum efektif, meskipun telah diterapkan sanksi administratif dan sanksi pidana guna mengurangi kejahatan tersebut. Juga
belum diaturnya pembagian kewenangan yang jelas dan mekanisme kerja yang pasti, sehingga terjadi tumpang tindih kewenangan dan konflik kepentingan dalam penanganan kejahatan ‘’illegal fishing’’.

” Perlu merevisi perundang-undangan perikanan dengan menjadikan korporasi sebagai subjek atau pelaku tindak pidana ‘’illegal fishing’’ dan mengatur pertanggungjawaban pidana korporasi, sehingga korporasi dapat dituntut dijatuhi pidana dan tidak sebatas pengurusnya saja,” saran Muhammad Yusuf. (Redaksi)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

Timur-online.com - Pertama di Luwu Raya Copyright 2019 ©. All Rights Reserved.  
error: oiii,,ga boleh copas
Lewat ke baris perkakas