Anda Tak Kuat Puasa ? Ini Tips Menahan Lapar Saat Puasa

Laporan : Rd

Gambar : Ilustrasi (int)

Timuronline – Berpuasa di bulan Ramadhan adalah merupakan kewajiban bagi umat Islam. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Menahan lapar saat puasa mungkin menjadi salah satu hal terberat yang harus kamu lakukan. Apalagi kalau kebiasaan dan aktifitas seakan memaksa kamu untuk tidak mampu menjalankannya

Nah, kalau kamu sering gagal melawan lapar dan haus selama puasa, Timuronline.com akan membagikan tips cara menahan lapar saat puasa.

  1. Jangan makan Mie Instan saat sahur. Mie Instan mengandung glikemik yang tinggi, kamu bisa cepat lapar lagi, dan ini bisa membuat kamu gagal menahan lapar saat puasa. 
  2. Perbanyak minum air. Tubuh kita memerlukan cairan sedikitnya dua liter setiap hari. Nah, di bulan puasa, perbanyaklah minum air saat buka puasa, makan malam dan saat sahur
  3. Tidur cukup dan batasi aktifitas. Aktifitas yang berlebihan kerap membuat kita cepat haus. Khusus di bulan puasa ini, kurangi aktifitas yang memerlukan stamina yang lebih dan yang utama tidurlah secukupnya.
  4. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah membuat kamu kenyang lebih lama. Sumber protein yang terdapat akan membantu kamu menahan lapar.

Itulah beberapa tips menahan puasa di Bulan Ramadhan. Semoga ini bisa membantu Anda. Selamat menjalankan ibadah puasa !! (Redaksi)